Pilih Laman

Apa Itu Rolling Door dan Perbedaannya dengan Folding Gate ? Banyak yang masih belum memahami tentang definisi dan artinya. Hal ini karena banyak jenis pintu dengan jenis yang serupa. Kita membahas produk pintu besi rolling terlebih dahulu. Seperti yang biasa anda temui di beberapa toko, industri dan mall, produk pintu besi ini merupakan jenis pintu gulung.

Para karyawan menutup pintu toko atau industri dengan cara menggulung. Jadi, ciri utama dari pintu rolling adalah pintu dengan lembaran logam. Dengan begitu, para karyawan menutup pintunya secara fleksibel. Para pemilik atau karyawan industri menutupnya dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Setelah membahas pintu rolling, anda perlu tahu sejenak tentang folding gate. Folding gate sendiri merupakan jenis pintu logam. Banyak orang menggunakan folding gate untuk menutup garasi, toko, gudang dan ruangan industri lainnya.

Konsep pintu ini adalah geser dan lipat. Jadi, fungsi serta kegunaan dari folding gate adalah untuk menutup ruangan dengan cara menggesernya. Pada dasarnya, pintu jenis ini memang lebih kokoh karena memiliki kerangka di setiap tengah logamnya.

 

Perbedaan Pintu Rolling Door Dan Folding Gate

 

Lantas, apa yang membedakannya dengan pintu rolling ? Yakni memiliki ciri satu lembaran logam tanpa memiliki kerangka seperti folding gate. Berbeda dengan  pintu door rolling, folding gate memiliki struktur yang lebih kuat. Namun, folding gate tidak sefleksibel pintu rolling.

Jenis pintu rolling memiliki satu lembaran logam. Anda memerlukan tongkat pengait untuk menutupnya dari atas ke bawahSedangkan, folding gate tidak membutuhkan pengait untuk menutupnya. Anda hanya perlu menggesernya dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang masih bingung membedakan kedua jenis pintu tersebut. Ini karena bentuk keduanya hampir sama. Tapi, keduanya memiliki ciri yang sangat berbeda. Kembali ke topik pintu rolling yang sedang kita bahas, beberapa orang menyebutnya pintu bergulir.

Fungsi dan Keunggulan Rolling Door

Membicarakan tentang topik utama pada pintu rolling, pintu ini memilki fungsi. Kegunaan jenis pintu logam gulung ini, antara lain:

  • Sebagai pintu yang aman bagi tempat industri, toko dan garasi. Dengan bahan logam yang kuat, barang-barang yang ada dalam ruangan akan terlindung dari benturan keras.
  • Sebagai pintu gudang barang industri karena jenis bahan door rolling ada yang tahap api, perusahaaan banyak menggunakannya. Biasanya orang-orang menggunakan pintu bergulir jenis ini untuk kebutuhan gudang barang. Anda pasti memahami bahwa barang-barang gudang mungkin sangat riskan terbakar. Hal ini bisa terjadi dari faktor luar. Untuk melindunginya, mereka membutuhkan door pintu dengan jenis fire resistant.
  • Menjadi pintu pengaman bagi penyimpanan ruangan bahan baku usaha. Mulai dari toko baju, perlengkapan rumah tangga dan sebagainya.

Selain fungsi dari pintu bergulir ini, ada beberapa keunggulan yang ada pada pintu jenis ini, di antaranya adalah:

Peralatan Rolling Door yang Lebih Efisien

Cara merawat pintu gulir tersebut cenderung lebih efisien. Pasalnya, anda tak perlu memberikan pelumas secara berkala. Pada pintu jenis lainnya, anda perlu memberikan pelumas pada bagian pegas pintu. Namun, hal ini tidak berlaku untuk pintu rolling. Alasannya, yakni hanya memiliki satu lembar logam yang tidak membutuhkan pelumas.

  1. Lebih Praktis dalam Menutup dan Membuka : Selain itu, pintu ini termasuk pintu yang praktis. Anda hanya membuka dan menutup dengan bantuan pengait saja. Sedangkan pintu jenis lain terkadang membutuhkan banyak tenaga untuk melipat terlebih dahulu, atau menggerendelnya.
  2. Service pintu Rolling Lebih Mudah : Selain mudah, biaya service rolling yang rusak benar-benar terjangkau. Anda tak perlu bersusah payah mengganti seluruh pintu atau membeli pintu rolling yang baru. Cukup mengganti bilah pintu yang rusak dan segera menghubungi pihak servisnya.

Jenis Rolling Door Sistem Katrol

Pintu bergulir ini memiliki jenis-jenis dan macamnya. Ada beberapa jenis rolling yang berdasarkan pada fungsi dan bahannya. Jenis-jenis pintu rolling memiliki fungsi yang berbeda. Setiap produsen yang membuatnya dengan tujuan yang berbeda-beda. Berikut bermacam-macam pintu rolling  yang perlu anda tahu.

Pintu Rolling ini termasuk dalam  manual. Konsepnya dengan konsep full pabrikasi. Bagi produsen pintu yang profesional, mereka melakukan instalasi pintu gulir menurut standar internasional.

Dalam pelaksanaannya, pemasangan pintu memang mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Bahkan, bahan cat dari proses ini merupakan bahan cat finishing powder. Untuk mempertahankan cat ini, produsen menambahkan cat pintu dengan cat pelapis berupa cat oven.

Jenis pintu rolling katrol ini termasuk dalam pintu bergulir dengan struktur one sheet. Untuk meredam suara dari luar, produsen sudah melengkapinya dengan peredam suara. Komponen peredam tersebut berada di kiri dan kanan dari bagian rolling. Ada juga bagian karet yang terpasang pada bagian lain agar lebih aman. Selain itu, karet ini berfungsi sebagai anti karat dan perapat antar pintunya.

Jenis Pintu Rolling Industrie

Orang-orang menyebutnya ada yang menyebutnya dengan pintu katrol . Biasanya pintu ini memiliki warna silver. Fungsi dari katrol ini adalah untuk melindungi semua barang-barang. Banyak orang menyimpan benda dalam pinturolling ini untuk kebutuhan penyimpanan industri.

Keunggulan pintu katrol ini juga ada pada perawatannya. Pemakai tak perlu memberikan pelumas. Ini karena pintu jenis ini terdiri dari one sheet saja. Selain itu, pintu ini juga dapat anda gunakan dalam jangka panjang. Apabila terdapat satu bagian yang rusak, anda cukup mengganti bagiannya itu saja. Jadi, anda tak perlu membelinya lagi.

Untuk membelinya, anda cukup mencari toko rolling door terdekat di sekitar tempat. Terdapat beberapa jenis dan ukuran yang tersedia. Pembeli dapat melakukan pemesanan sesuai dengan kebutuhan dan ukurannya. Mulai dari industri kecil hingga besar dapat melakukan pemesanan sesuai dengan permintaan. Ukuran pintu juga menyesuaikan besarnya gudang. Orang-orang juga menyebutnya sebagai pintu gulir manual.

Jenis Rolling Door Industri Sistem Mesin Otomatis

Berbeda dengan pintu katrol, produk pintu rolling ini menggunakan mesin. Banyak orang yang menyebutnya sebagai pintu gulung otomatis. Dengan sistem mesin otomatis, yang dapat membuka dan menutup berdasarkan pada perintah sistem. Pengaturan sistem ini ada di remote yang bisa anda pegang. Tapi, penggunaan remote juga menjadi opsi. Anda bisa memilih tipe pintu rolling otomatis apa yang anda mau.

Pengaplikasian mesin tidak hanya dalam gudang dan bangunan. Banyak orang yang menggunakan pintu rolling jenis ini pada beberapa bangunan lain mulai dari showroom, bank, apartemen, kafe kecil, garasi mobil, apartemen dan industri-industri kecil seperti toko atau minimarket.

Alasan Mengapa Orang Orang Menggunakan Rolling Door Otomatis

 

  • Semakin berkembangnya era digital membuat banyak orang mulai berinovasi. Para produsen pintu mulai membuat produk berbasis pada remote atau smartphone. Dengan begitu, inovasi mereka bisa memiliki ide untuk membuat pintu dengan konsep perintah digital. Dengan latar belakang itu, mereka menggunakan pintu gulir secara digital.
  • Meminimalkan dari adanya risiko kecelakaan kerja. Pada rolling type  manual, pekerja biasanya mengerahkan tenaga atau alat untuk menutupnya. Bahkan pada pintu gulung industri manual, mereka harus mengerahkan tenaga besar untuk membuka maupun menutupnya. Lain halnya, dengan pintu otomatis. Mereka tidak perlu melakukannya karena tenaga lebih efisien. Jadi, mereka hanya menekan dengan remote atau tombol sesuai petunjuk langkah-langkah.
  • Memberikan efisiensi dalam tenaga operasional. Dengan sistem otomatis, mereka membutuhkan sesuatu yang lebih efisien. Selain itu, operasional yang efisien mempengaruhi kinerja lebih singkat dan tepat. Untuk industri dengan kapasitas besar, membutuhkan pintu dengan muatan barang yang banyak dan besar. Inilah yang menjadi alasan bahwa pintu otomatis menjadi solusi yang pas.

Rolling Door Jenis Fire Rated

Jenis pintu rolling selanjutnya adalah fire rated. Pintu gulir ini memiliki bahan baja yang tahan api dan bahan pemicu kebakaran lainnya. Tujuan produsen memproduksi pintu ini adalah untuk memenuhi keselamatan standar kerja. Untuk membukanya pun membutuhkan langkah-langkah yang ketat. Jenis pintu gulung ini juga termasuk pintu rolling door otomatis.

Meskipun sama-sama otomatis serupa dengan jenis pintu besi sebelumnya, jenis pintu ini tetap berbeda. Banyak produsen yang mengembangkan inovasi berdasarkan produk di luar negeri. Mereka membuat gerbang pintu rolling yang dapat menutup secara otomatis jika terjadi tanda kebakaran.

Dari produk rolling jenis fire rated, produsen menawarkan tiga dukungan mulai dari peredam suara, insulasi dan pelindung kondisi kebakaran. Produk pintu ini biasanya memiliki ukuran tertentu.

Harga Rolling Door One Sheet

Banyak perusahaan yang menawarkan jenis ketebalan pintu rolling dengan panjang yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, kerusakan ini menjadi tanggung jawab produsen. Oleh karena itu, mereka menawarkan garansi pada customer yang melakukan pemesanan pada pintu itu.

Pintu ini sangat cocok untuk kebutuhan industri dan layanan umum, seperti perusahaan, rumah sakit, sekolah, kafe, bangunan retail. Tipe pintu ini juga cocok untuk keperluan industri lain mulai dari penyimpanan bahan-bahan obat-obatan atau produk pemantik api lainnya.

Rancangan pintu ini memang memiliki desain yang melebar. Ada banyak seri pintu dengan ukuran yang berbeda-beda. Produsen biasanya juga menambahkan fitur khusus untuk pintu gulir dengan dukungan fitur sentinel.

Berbicara tentang bahan jenis pintu ini, bahannya terbuat dari baja. Bahkan, ada beberapa bahan baja pintu yang dapat memproteksi radiasi api, mulai dari baja tahan karat dan baja galvanis prima. Tampilan pintu ini memang kokoh, memanjang dan tahan dengan situasi apapun. Oleh karena itu, pintu ini juga cocok untuk bahan pintu produksi makanan, kafe dan lainnya.

Rolling Door Tenaga Motor dan Listrik

Setelah membahas jenis pintu gulir manual dan otomatis, ada juga pintu gulir jenis elektrik. Tenaga listrik yang tersedia pun juga bermacam-macam sumbernya. Salah satu sumber yang kita tahu adalah berasal dari motor. Motor tersebut menghasilkan listrik yang dapat menggerakkan pintu secara otomatis. Proses tenaga listrik bekerja ketika para pengguna hendak membuka dan menutup pintu gulir.

Cara bekerjanya pun juga mudah. Pengguna hanya butuh menekan tombol untuk membuka dan menutupnya. Tenaga motor menjadi tenaga utama dalam mengoperasikan pintunya. Kelebihan menggunakan tenaga motor adalah menggantikan operasional ketika genting. Jadi, walaupun aliran listrik tiba-tiba terputus, para karyawan industri masih dapat mengoperasikannya. Rolling door tersebut dapat membantu operasional industri lebih efisien lagi.

Sistem pengaman yang ada pada pintu sudah tersedia. Produsen menyediakan sensor pengaman supaya tidak ada kerusakan pada pintu. Fitur tersebut melindungi pintu dari berbagai masalah yang terjadi mulai dari gesekan, terganjalnya pintu dari semua barang serta beberapa gesekan yang lainnya.

Bahan Baku

Terkait dengan material, bahan dari rolling door listrik juga bermacam-macam. Mulai baja galvanil hingga jenis baja biasa yang lebih kuat. Para produsen dan pembuat pintu menyebutnya dengan bahan SPCC.

Bahkan, ukuran pintu juga bermacam-macam. Biasanya produsen menawarkan dengan berbagai katalog dan ukuran. Mulai dari ketebalan 0,8 hingga 1,6 mm. Sedangkan bahan cat rolling door ini terbuat dari powder coating atau cat oven.

Untuk bahan lain, customer juga dapat memilihnya. Mulai dari bahan aluminium dan besi. Meskipun begitu, pembuat pintu berusaha membuat rolling door dengan lebih kokoh. Untuk memberikan kemudahan bagi tukang operator pintu, produsen menyediakan remote atau tombol. Jadi, mereka dapat melakukan operasional dengan mudah.

Rolling Door Transparan

Berikutnya, ada juga pintu rolling jenis transparan. Pintu gulir ini adalah jenis pintu yang terbaru dari yang lain. Bahan utama dari pintu gulung ini adalah polycarbonate. Ada juga bahan kombinasinya, yaitu percampuran antara rangka aluminium dan polycarbonate.

Produsen menyediakan macam-macam warna yang dapat anda pilih. Sedangkan desain yang tersedia juga bermacam-macam. Dengan konsep modern dan estetik, jenis pintu ini sangat cocok untuk rumah, kantor atau kafe.

Berdasarkan sistem operasionalnya,rolling door transparan hampir sama dengan jenis lainnya. Ada yang menggunakan motor penggerak dan mesin otomatis. Namun, tetap memiliki perbedaan daripada yang lainnya. Sistem operasional yang pertama adalah menggunakan sistem chain block. Tanpa menggunakan mesin, para pengguna pintu menggunakan sistem ini. Cara ini juga terbilang lebih ringan.

Pasalnya, anda hanya perlu memegangnya saja tanpa menyambungkan rantai bloknya. Jadi, anda tak perlu mengerek pintu dengan pengait seperti jenis manual lainnya. Ada juga jenis rolling transparan yang menggunakan mesin. Dengan menekan tombol, maka pintu rolling akan otomatis terutup dan terbuka.

 

Pintu Rooling Door One Sheet Transparan

Beberapa fungsi yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan rolling transparan, antara lain:

  • Memudahkan pengguna dalam memantau area dalam. Jadi, pintu jenis ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyimpan bahan baku industri seperti bahan makanan dan minuman. Melalui jenis pintu ini, anda bisa melihat dari luar terkait kondisi makanan dengan aman.
  • Pengoperasiannya lebih ringan. Hal ini mendukung para pekerja untuk bisa bekerja lebih efisien dengan manfaat yang tepat.
  • Menambah daya tarik dari tempat usaha atau Industri. Ketika tempat tutup untuk sementara waktu. Kantor atau tempat tidak menghilangkan estetika dari pintu rolling door sehingga jenis transparan adalah hal yang paling cocok.

Sejarah Singkat dan Awal Mula Penemuan

Perkembangan sejarah rolling door, awal mulanya berasal dari pintu geser. Jenis pintu seperti ini sebenarnya sudah ada sejak awal masehi. Banyak arkeolog yang menemukan bukti-bukti sisa peninggalan pintu geser yang ada di wilayah Romawi. Namun, pernyataan ini tidak belum menjadi dasar yang kuat bahwa pintu geser pertama kali ada di wilayah Romawi. Wilayah tersebut lebih tepatnya berada di pompei Italia.

Ada pendapat lain yang menjelaskan bahwa seorang ahli matematika dan insinyur dari Yunani. Ilmuwan tersebut adalah Heron yang berasal dari Alexandria. Awalnya, ia memanaskan air menjadi uap, Karena massa air berkurang, beban dapat ikut berpindah untuk menarik tali yang terkait pada pintu kuil. Sejak itu pintu tersebut dapat terbuka secara otomatis.

Seiring berkembangnya zaman, manusia memiliki pengetahuan yang baik tentang mesin. Hingga pada tahun 1970-an, banyak industri yang mulai mengembangkan rolling door. Tujuannya untuk menggantikan pintu putar pada industri dan gedung bangunan lainnya. Hingga pada akhirnya, bisnis pintu roller mulai berkembang. Salah satunya perusahaan Rolflex Nederland.

Sejarah Pintu Rolling Door

Di tahun 1980-an, perusahaan yang memproduksi pintu rolling  masih beberapa saja. Hingga suatu hari, dunia mengalami krisis perekonomian global. Tentunya, hal ini membutuhkan energi yang hemat dan efisien. Mereka mengeluhkan pintu putar bahwa terkadang membutuhkan tenaga staf untuk mengunci dan mengaturnya.

Sebagai solusinya, mereka membutuhkan pintu rolling karena lebih efisien secara tenaga dan biaya. Hingga saat ini, banyak gudang industri yang membutuhkan produk ini untuk mengurangi konsumsi tagihan dan energi.

Bahkan di Indonesia, banyak industri yang menggunakan produk ini.. Ini karena pintu gulung ini memiliki keunggulan yang fleksibel dan praktis. Mereka hanya menggunakannya hanya sekali buka dan tutup saja tanpa harus melipat-lipat sekat pintu.

Keunggulan dan Kelemahan Rolling Door

Ketika memilih pintu jenis rolling, anda perlu mengetahui keunggulan dan kelemahannya dahulu. Apabila sudah mengetahui keunggulannya lebih banyak, ini merupakan pilihan paling tepat. Berikut beberapa keunggulan dari pintu rolling,  antara lain:

  • Pintu door Rolling  memiliki keamanan yang baik. Pintu ini teruji kuat karena terbuat dari baja dan besi. Selain itu, produsen telah melakukan pengujian terhadap keamanan.
  • Selain dari kemananan, tindakan perawatan tidak terlalu sulit. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, pintu ini tidak membutuhkan pelumas. Jadi, perawatannya tidak terlalu rumit. Anda hanya cukup membersihkannya saja sekali-kali.
  • Kami sudah membahas sebelumnya, walaupun harga jual rolling door termasuk murah, tetapi produkini memiliki bahan kuat dan anti karat. Pasalnya, jenis pintu ini memiliki lapisan cat sendiri yang bersifat anti karat. Jadi, anda tak perlu mengecatnya lagi.

Selain keunggulan, ada juga kelemahan dari produk pintu reling yang perlu anda tahu, seperti berikut.

  • Terkadang permasalahannya mudah macet jika anda jarang merawatnya.
  • Pada pintu rolling jenis tenaga listrik. Pintu tidak akan beroperasi apabila listrik mengalami pemadaman.

Rekomendasi Pintu Rolling yang Paling Berpengalaman

Arimatadoors merupakan brand yang secara profesional memenuhi layanan klien dalam produk rolling door. Kami merekomendasikan anda untuk mempercayakan produk ini. Sebelum memilih dan membeli pintu gulir, anda perlu berkonsultasi dulu. Kami berusaha melayani anda baik secara offline atau online. Melalui layanan konsultasi, anda bisa mendiskusikannya dengan kami secara gratis.

Jika anda ingin melihat produk secara jelas, Arimatadoors menyediakan aneka macam pintu. Tidak hanya jenis-jenis produk pintu rolling saja melainkan juga folding gate. Kami siap membantu klien dalam mempertimbangkan jenis pintu rolling  yang sesuai dengan kebutuhan baik dalam aspek bahan, harga dan luasnya ruangan.

Kami memberikan saran untuk memilih produsen yang paling tepat. Sebelum membeli, pastikan menentukan produsen yang lebih tepat dahulu. Karakteristik pintu rolling industri yang sesuai dengan standar adalah memiliki izin resmi, memberikan layanan service pada klien. Layanan dapat berupa garansi, konsultasi, dan sebagainya.

Ingin melihat informasi jenis-jenis dan harga rolling door secara jelas, kami siap membantu. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih produsen sebelum m